Ucapan selamat tinggal dari Bethesda Launcher

Bethesda mengucapkan selamat tinggal pada Bethesda Launcher setelah enam tahun melayani dan sekarang memigrasikan semua gamenya ke Steam. Matahari terbenam di peluncur diumumkan pada Februari tahun ini dalam sebuah posting blog yang berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka selama bertahun-tahun, meyakinkan mereka bahwa permainan dan mata uang mereka aman.

Proses migrasi game Bethesda ke Steam akan membutuhkan upaya terkoordinasi dari penggunanya, dan Bethesda telah berjanji bahwa panduan ekstensif akan tersedia untuk pelanggannya pada tanggal 27 April, ketika proses migrasi akan dilakukan secara resmi. Migrasi ini akan mencakup perpustakaan game dan dompet, memastikan tidak ada yang hilang dalam transfer. Satu-satunya game yang tidak terpengaruh oleh perubahan ini adalah The Elder Scrolls Online, yang masih akan mempertahankan peluncurnya sendiri.

Pengguna akan memiliki kesempatan untuk mentransfer perpustakaan game dan dompet mereka ke Steam hingga 11 Mei, ketika Bethesda Game Launcher resmi ditutup. Posting di Bethesda.net menyatakan bahwa mulai 11 Mei dan seterusnya, pemain tidak lagi dapat meluncurkan game Bethesda mereka di dalam peluncur Bethesda. Meskipun menghentikan layanan, pelanggan akan mempertahankan akun Bethesda.net mereka, karena banyak game Bethesda mengandalkannya untuk menyediakan layanan seperti mod, item dalam game, dan pembaruan eksklusif.

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah meskipun Bethesda Launcher sudah dihentikan, pelanggan tidak akan kehilangan kepemilikan atas game mereka dan akan dapat menyelesaikan proses migrasi kapan saja mulai tanggal 27 April. Pustaka mereka akan tetap tidak tersentuh di Bethesda.net – mereka tidak akan dapat memulainya melalui peluncur.

Bethesda Launcher
Top Up Saldo - Ucapan selamat tinggal dari Bethesda Launcher

Mengenai game yang disimpan dan kemajuan game individu, Bethesda meyakinkan pelanggannya bahwa itu juga akan memberikan instruksi terperinci tentang cara mentransfer semuanya ke Steam, dengan beberapa game mampu melakukannya secara otomatis. Bethesda melanjutkan dengan mengatakan bahwa pengecualian terhadap aturan tersebut tampaknya adalah Wolfenstein: Youngblood, dengan sisa permainannya mampu memberikan transfer kemajuan pemain secara otomatis.

Adapun judul langsung seperti Fallout 76, Bethesda menjelaskan bahwa itu masih memerlukan masuk dan terhubung ke akun Bethesda.net pemain dan bahkan menawarkan insentif dan hadiah bagi mereka yang mentransfer ke Steam lebih awal. Jika pemain secara tidak sengaja menautkan akun Steam yang salah dengan perpustakaan Bethesda mereka, mereka akan dapat memutuskan tautannya untuk waktu yang terpisah. Jika mereka terlambat menyadarinya, dengan akun mereka yang sudah dimigrasikan, mereka akan dapat mengirim tiket dukungan untuk menyelesaikan masalah.